Otak Penghisap

Kembali saya menulis tentang kehebatan anak-anak kita. Otak mereka luar biasa. Saya tak pernah berhenti untuk mengagumi betapa menakjubkannya mereka dengan segala tingkah polah mereka.
Beberapa tahun yang lalu, seorang teman berkata, dan sepertinya sudah banyak yang mengetahui hal ini, otak anak memiliki daya rekam yang luar biasa. Apapun yang dilihat matanya akan langsung terserap oleh otaknya. Dan hebatnya, anak-anak kita mampu untuk langsung mencontoh apa yang dilihat dan diserap oleh otaknya.
Setelah memiliki anak, saya pun langsung sadar bahwa apa yang saya lakukan langsung dicontoh oleh anak saya. Saya menyapu, dia ikut menyapu. Saya mencuci piring, dia ikut mencuci piring. Saya memasak, dia ikut memasak. Yang paling luar biasa dari semuanya adalah bahwa anak saya mencontoh tanpa disuruh.
Parents, inilah saat yang sangat baik untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan pada anak kita. Karena dia akan langsung mengingat dan melakukannya. Kebaikan yang kita coba ajarkan dan tanamkan akan bersemayam dalam ingatan jangka panjangnya.
Kita tak perlu menyuruhnya untuk sholat. Ketika adzan berkumandang, kitalah yang harus segera berdiri dan menunaikan kewajiban itu. Maka, atas izin Allah dan secara ajaib, anak-anak kita akan mengikutinya. Ini nyata dan saya sudah mengalaminya. Kebiasaan suami saya yang suka sholat di masjid pun mulai membudaya pada anak saya. Dia selalu minta ikut tiap kali abinya berangkat ke masjid untuk sholat berjamaah. Kalau ditinggal, anak saya pasti sedih sekali dan minta untuk nyusul ke masjid. Begitupun untuk urusan mengaji. Kadang-kadang malah anak saya yang mengingatkan kami untuk mengaji bersamanya. Luar biasa kan anak-anak kita 🙂
Parents, anak-anak kita begitu luar biasa. Syukurilah dengan cara menanamkan kebaikan-kebaikan pada dirinya. Tapi, yang paling harus kita ingat adalah bahwa menanamkan kebaikan pada anak adalah juga tentang membuat diri kita sebagai orang tua yang penuh dengan kebaikan.
Wallahu ‘alam

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *