Tentang Belajar

Ketika ditanya tentang definisi belajar, sebagian besar orang akan menjawab bahwa belajar adalah proses dari nggak tahu jd tahu, dari tahu jadi tambah tahu.Dulu, ketika kakak kelas sma saya memberikan jawaban seperti itu, nggak langsung saya telan bulat-bulat. Nggak kena aja di otak saya. Hahaha *sombong Masa iya sih sesimple itu?? Tnyata saya temukan jawabannya ketika kuliah.
Belajar adalah proses yang dilakukan secara berulang-ulang sampai ada perubahan perilaku yang permanen. Itulah definisi yang saya cari. Proses yang dilakukan berulang-ulang. Terus menerus. Kontinyu. Konsisten. Persisten. Ditemani komitmen yang tinggi.
Betullah sabda Nabi, belajar itu sampai liang lahat. Karena harus terus-terusan. Capek?? Ya pastilah. Oleh sebab itu kontinuitasnya harus diiringi hujaman komitmen yang tinggi. Kalimat paling ekstrem yang pernah saya tujukan ke diri saya sendiri kalau sudah merasa sangat letih dalam belajar adalah, Elo, Tin, kalo udah memutuskan untuk belajar maka di waktu yang sama elo juga memutuskan untuk menderita. So just accept all the PAIN!!! Lanjuutt…. ‘Sampai ada perubahan perilaku yang permanen’. Iniiii…. dalem banget kalo buat saya. Kita tidak disebut belajar manakala tidak ada perbaikan yang terjadi.
Ngapain aja baca buku, ikut kajian, seminar dimana-mana tp nggak ada yg berubah?? Hasil dari belajar ternyata bukanlah nilai raport yang menakjubkan atau ipk 4.00. Bukaaaannnn. Hasil dr belajar ternyata adalah perubahan perilaku yang permanen menjadi lebih baik. That’s the point. Lihatlah hasil proses belajar para sahabat.
Mereka lahir menjadi generasi terbaik. TERBAIK!!! Kalau kita merasa sudah belajar, tapi ternyata nggak ada yang berubah. Cek… mungkin kita nggak belajar apa-apa. Mungkin ilmunya hanya sekedar tulisan di atas kertas. Mungkin ilmunya hanya sekedar broadcast wa numpang lewat. Mungkin ilmunya hanya sekedar masuk kuping kanan, keluar kuping kanan lagi. Mental. Nggak ada yang nyangkut.
Para pembelajar adalah para manusia hebat. Sebab itulah Allah tinggikan derajat mereka. Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahman…

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *