What Our Children Gonna Be??

Kalau diingat-ingat, ternyata dari saya kecil sampai sekarang orang tua saya nggak pernah menanyakan apa cita-cita saya. Semenjak saya kuliah sampai sekarang mereka tak henti-hentinya menyarankan dengan bahasa yang sedikit memaksa, untuk jadi PNS saja. Hohoho…menjadi PNS??? Definitely not me
Sekarang setelah memiliki seorang putri kecil yang sangat cantik dan cerdas, rasa-rasanya sangat penting, menurut saya, untuk mengetahui apa cita-citanya ketika besar nanti.
Mengetahui cita-cita anak sejak dia masih kecil tentu saja membantu orang tua dalam banyak hal.
Pertama, dengan mengetahui cita-cita si anak tentu saja orang tua terbantu untuk dapat mengarahkan si anak terhadap hal-hal yang menunjang cita-citanya di masa depan. Misalnya, seorang anak bercita-cita menjadi vulkanolog atau ahli gunung api. Orang tua bisa membantu si anak makin fokus dengan cita-citanya lewat eksperimen-eksperimen kecil yang menyenangkan. Seperti eksperimen gunung meletus atau menyaksikan film-film tentang gunung api yang menakjubkan. Tak perlu yang terlalu merepotkan, yang sederhana saja. Oiya, jangan lupa untuk menjelaskan bahwa cita-cita si anak adalah cita-cita yang mulia. Seorang vulkanolog bisa memberikan peringatan dini akan bahaya letusan gunung berapi sehingga masyarakat tidak terlambat mengungsi. Kalau mengungsi sebelum gunung berapi meletus, maka korban meninggal dapat dihindari.
Kedua, orang tua terbantu dalam mempersiapkan kebutuhan keuangan untuk biaya pendidikan si anak. Orang tua yang anaknya memiliki cita-cita untuk menjadi dokter spesialis kandungan tentu harus mempersiapkan dana yang tidak sedikit bukan? Nah, kalau dipersiapkan dari jauh-jauh hari pasti nggak akan keteteran.
Nah, selamat mengawal si kecil meraih cita-citanya ya 🙂 semoga kita semua dapat menjadi orang tua yang dapat membentuk anak-anak kita menjadi manusia yang banyak manfaatnya bagi kehidupan orang banyak. Amin.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *