Jadikan Internet Anda Sebagai Mesin Uang

Saya tidak tahu pasti kapan tepatnya demam internet marketing mulai merebak. Yang jelas, sekarang online shop mulai bertebaran. Mulai dari yang jual manik-manik sampai yang menjual kendaraan baik darat, laut, maupun udara. Wiiiihhh….

Dunia online shop memang mengasyikkan untuk digeluti. Apalagi untuk Anda yang baru mulai merintis usaha. Resikonya minim sekali. Jenis usaha ini betul-betul menjadi rekomendasi.

Dalam dunia online shop, Anda tak perlu memiliki bangunan fisik yang difungsikan sebagai toko tempat Anda menaruh barang dagangan Anda. Anda cukup memiliki account dunia maya. Anda bisa mengoptimalkan sosial media seperti facebook dan twitter. Anda bisa memiliki account-account ini secara gratis…tis…tis….nggak perlu bayar. Atau kalau Anda punya sedikit uang dan ingin berkreasi meramaikan design toko, Anda bisa membeli domain yang harganya tidak terlalu mahal. Atau membuat blog pribadi gratisan di multiply atau blogspot. Promosi barang dagangan di media-media seperti kaskus, bursamuslim, atau tokobagus pun bisa jadi alternatif yang menjanjikan.

Berkecimpung dalam dunia online shopping memang tidaklah mudah pada awalnya. Semua usaha memang tidak mudah pada awalnya. Selain menjual barang, di online shop, Anda juga menjual trust. Bagaimana membuat orang percaya bahwa Anda bukan penipu. Barang yang Anda jual ada dan Anda melakukan proses jual beli secara bersih.

Biasanya saya menawarkan pada teman yang memang sudah dikenal secara akrab. Dan beberapa memang membeli barang dagangan saya. Sesudah itu, biasanya saya meminta mereka untuk memberikan review seputar barang yang mereka beli. Rupanya jurus ini cukup ampuh untuk menarik minat mereka yang belum saya kenal untuk, paling tidak, bertanya soal produk yang saya jual.

Untuk pengguna facebook atau twitter, Anda harus memiliki teman yang banyak. Kisaran 2000-3000 teman sudah lebih dari cukup untuk memasarkan produk Anda.

Untuk yang tidak memiliki modal, jangan khawatir dan jangan berkecil hati. Dalam dunia online shopping ada yang namanya sistem dropshopping. Sistem ini memungkinkan Anda untuk menjual barang yang Anda tidak miliki.

Begini kira-kira ilustrasinya:
Anda mengenal seorang penjual barang-sebut saja namanya A. Anda juga memiliki banyak teman di jejaring sosial yang merupakan pangsa pasar Anda. Sebelumnya Anda harus meminta ijin kepada A bahwa Anda ingin menjual barangnya dengan menggunakan sistem dropshopping. Biasanya, Anda akan mendapatkan keuntungan antara 10-20% dari harga barang tersebut.

Selanjutnya, mulailah Anda mempromosikan barang tersebut ke teman-teman Anda di jejaring sosial. Biasanya, pasti banyak yang nyangkut. Kalau ada orderan, Anda tinggal mengkonfirmasi kepada A perihal barng tersebut apakah stoknya masih tersedia atau tidak. Anda tidak boleh memaksa A untuk tidak menjual barang yang Anda promosikan ke orang lain. Inilah etikanya sistem dropshopping.

Setelah konfirmasi dilakukan, Anda akan memberikan nilai total pembelanjaan yang harus dibayar ditambah dengan ongkos kirim. Pembayaran dilakukan melalu transfer oleh konsumen Anda kepada Anda. Selanjutnya, Anda bisa mentransfer biaya pembelanjaan plus ongkos kirim kepada pedagang A. Nilai transfer tentu saja sudah dikurangi dengan potongan harga.

Kalau pembayaran sudah diterima, A akan mengirim barang yang dipesan dengan alamat pengirim menggunakan alamat Anda dan bukan alamat A. Setelah barang diterima konsumen, selesailah tugas Anda.

Penjelasannya sedikit ribet. Tapi, percaya deh, kalau sudah dilakukan akan terasa mudah sekali. Silahkan dicoba 🙂

Selain online shop, Anda bisa mengikuti beberapa kegiataan survey yang dilakukan secara online. Ada yang sekupnya Indonesia saja dan ada juga yang sekupnya internasional. Adik saya mengikuti kegiatan online semacam ini dan hasilnya sangat lumayan.

Buat Anda yang hobi menulis dan memiliki blog, Anda bisa menggunakan adsense. Kalau tekun, blog Anda bisa memberikan penghasilan jutaan bahkan puluhan juta setiap bulannya.

Selamat mencoba :):)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *