Kuadran Kanan Cashflow Quadrant Robert T. Kiyosaki

Robert T. Kiyosaki dalam bukunya Cashflow Quadrant membagi jenis-jenis penghasilan dan pekerjaan menjadi dua kuadran. Kiri dan kanan.
Sekitar tahun 2005-an buku ini menjadi sangat fenomenal dan menjadi rujukan banyak orang. But, as usual, banyak yang menyukai maka banyak juga yang memaki. Saya bagian pertengahan saja. Banyak hal menarik yang bisa dipraktekkan dalam buku tersebut. Bahkan, menurut saya, tak ada satupun yang sia-sia dari buku.
Kiyosaki membagi jenis usaha dan pekerjaan seseorang menjadi dua kuadran. Kuadran pertama adalah kuadran kiri. kuadran kiri terdiri atas dua bagian. Bagian pertama adalah Employees-singkat saja dengan E-. Kelompok E ini adalah mereka yang bekerja sebagai karyawan, kuli, pegawai, atau sebutan lainnya. Intinya, mereka memiliki bos atau atasan yang bisa memutuskan apa saja atas nasib pekerjaan mereka. Ini adalah jenis usaha yang paling berisiko, menurut Kiyosaki. Anda tidak aman secara ekonomi.
Kelompok kedua dari kuadran kanan adalah Self Employees-singkat saja dengan SE. Kelompok ini adalah mereka yang mendapatkan uang dengan usaha sendiri, mereka tidak memiliki bos. Nasib ekonomi mereka ditentukan oleh mereka sendiri. Contoh dari kelompok jenis ini adalah pedagang. Pedagang bebas menentukan sendiri kapan mereka tutup dan kapan mereka buka warung. Mereka juga bisa menentukan besarnya pendapatan mereka sendiri. Karena mereka tidak punya bos, semuanya bebas semau mereka. Tapi, ini juga belum aman menurut Kiyosaki, walaupun kelompok yang jenis ini masih jauh lebih baik daripada kelompok E.
Dua kelompok kuadran kiri ini disebut sebagai kelompok yang berpenghasilan aktif alias active income. Mereka yang berada pada kuadran ini harus bekerja keras agar memiliki penghasilan. Kelompok yang memiliki resiko tinggi.
Kuadran kanan juga diwakili oleh dua kelompok. Kelompok pertama adalah Business Owner atau para pemilik usaha, para bos yang memegang kendali atas para karyawannya. BO-sebut saja begitu-bisa santai-santai dirumah sambil sesekali mengontrol kondisi perusahaan. Kegiatan santai tapi tak perlu khawatir tentang keuangan. Usaha yang merupakan aset milik para BO

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *