Tafsir Al-Mulk 1-5

Ayat 1. Menjelaskan bukti –bukti bahwa Alloh SWT Maha Berkuasa dan Maha Berkehendak , banyak makhluq yang ingin sesuatu tetapi tidak bisa berarti hanya ditangan Alloh SWT, banyak makhluq ingin mengerjakan banyak hal tetapi tidak bisa contohnya jepang negara maju ketika dilanda tsunami tidak berdaya. Menjelaskan bahwa Alloh SWT Maha Tinggi Dan Maha Agung.
Ayat 2 : Dialah Alloh SWT yang menciptakan kematian dan kehidupan. Hanya Alloh yang bisa yang menciptakan kematian dan hanya Alloh yang bisa menciptakan kehidupan. Apa maksud menciptakan kematian? Dalam bahasa arab menciptakan kematian berbeda dengan membunuh. Menciptakan kematian adalah membuat mati tanpa melukai . Contoh Ada orang yang sehat tiba-tiba meninggal. Begitu juga menciptakan kehidupan yang sampai sekarang belum ada satu makhlukpun yang bisa menciptakan kehidupan atau membuat sesuatu menjadi hidup kecuali hidup dengan menggunakan listrik, accu atau baterai. Inilah bukti keMaha Agungan Alloh SWT.
Kemudian apa tujuan diciptakan kematian dan kehidupan itu ? Tujuannya adalah untuk menguji siapa diantara kalian yang paling baik perbuatannya. Perhatikan kata terbaik (ahsan). Apa maksudnya ? Jika kita beramal jangan sekedar baik tetapi harus ahsan bukan sekedar hasan (baik) melainkan ahsan yang Alloh SWT inginkan. Artinya memberikan yang terbaik kepada Alloh SWT. Contohnya ada 2 macam orang sholat : 1. Sholatnya asal-asalan 2. Sholat yang terbaik.
Sholat yang asal-asalan penyebab masuk neraka (Qs. Al-Mauun:4) sedangkan Sholat yang terbaik penyebab masuk surga (Qs.Al-Mu’minun:2) . Sehingga ketika Alloh SWT menyebut Al-quran bukan hudal lilmu’miinin melainkan hudal lilmutaqiin. Juga ketika Alloh SWT menyebut orang-orang yang beriman dengan panggilan “Yaa ayuuhalladzinaamaanu itaqullahu” wahai orang yang sudah beriman ayo kejar level taqwa, why? Karena kalau kamu masih dilevel beriman belumlah lengkap. Orang beriman kepada Al-quran banyak tapi yang melanggar juga banyak. Hanyalah orang yang bertaqwa yang mampu melaksanakan semua tuntunan isi Al-quran. Inilah makna Ahsan yaitu : Terbaik, dalam Sholat : Khosiuun, dalam Zakat : Fa’iluun dan dalam istilah umum : Taqwa. Sehingga diantara inti agama ada 3 yaitu : Al-islam, Al-iman dan Al-ihsan.
Kemudian ditutup dengan sifat Alloh SWT yang Maha Perkasa dan Alloh SWT Maha Pengampun. Kenapa sifat Maha Perkasa dan Maha Pengampun bergandengan? Karena diawal ayat Alloh SWT telah menegaskan ke Maha KuasaanNya namun kemudian pada bagian akhir Alloh SWT menyebutkan tentang amal (ahsanu amaala), bahwa dalam hal ini akan banyak makhluknya tidak dapat mencapai ahsan supaya kamu dapat menutupi kekuranganmu dan supaya bisa mendapat ahsan maka segeralah kamu meminta ampun kepada Alloh SWT (QS. 15:49-50).
Hadist diriwayatkan oleh Abu Hatim dari Qotadah:
“Sesungguhnya Alloh SWT merendahkan derajat anak Adam dengan membuatnya mati, Alloh SWT telah menjadikan dunia sebagai tempat hidup setelah itu mati (Dunia tidak kekal ). Dan Alloh SWT menjadikan Akherat sebagai tempat mendapatkan balasan kemudian dikekalkan.”( Maknanya dunia bukan tempat selamanya bagi manusia).
Kenapa kematian disebut lebih awal ? Karena agar manusia selalu ingat mati dengannya ia akan beramal terbaik.
Ayat 3 Qs.Al-Mulk
Menjelaskan bahwa Alloh SWT telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis yang tidak ada satu makhluqpun dapat melakukannya. Makanya benar bahwa Alloh SWT berfirman hanya Alloh SWT yang Maha Agung dan Maha Tinggi.
Tibaaqo artinya : Berlapis-lapis maksudnya susunan langit keatas. Selanjutnya Alloh SWT menunjukkan ke Maha Sempurnaannya , Ma taroo fii kholqi rohmaan : taroo disini untuk semua manusia (kamu tidak akan dapat melihat )terhadap ciptaanNya , yaitu min tafaawuts artinya : tidak rapi, kacau, tidak cacat, tidak kokoh (tidak saling berkait),dan tidak sesuai. Jadi semua penciptaan langit sangat rapi, kokoh, saling berkait kokoh dan seimbang. Bandingkan dengan penciptaan manusia. Disini Alloh SWT menantang bahwa Alloh SWT tidak pernah main-main menciptakan langit ini , Alloh SWT serius menciptakan semua ini. Sehingga kalau hidup dibawah langit Alloh SWT jangan main-main.
Selanjutnya ulangi lagi pandanganmu ke langit, teliti lagi agar kamu dapat menyaksikan secara langsung , apa yang telah Aku beritahukan kepadamu bahwa tidak ada cacat sama sekali dari apa yang telah Aku ciptakan sehingga kamu tidak merasa ragu lagi. Subhanallahu.
Ayat 4 Qs.Al-Mulk
Menjelaskan ajakan Alloh SWT yang lebih kuat lagi dengan melihat ke langit berkali-kali (sebanyak mungkin) apakah ada kamu temukan cacat dalam penciptaaan langit , akhirnya karena kamu tidak menemukan kekurangan dalam penciptaanKU maka kamu akan kembali hina.
Ayat 5 Qs. Al-Mulk
Dan Kami hiasi langit dunia (yang dekat dengan bumi) dengan bintang yang jumlahnya sangat banyak, ini juga dalil keMaha Agungan Alloh SWT. Kemudian dijelaskan manfaat diciptakkan bintang-bintang itu adalah untuk melempar syetan (Jin). Dan Kami telah siapkan bagi syetan-syetan itu azab yang pedih.
Makna assa’iir : api yang terus menyala semakin lama semakin panas. Berbeda dengan api dunia semakin lama semakin padam.
Semoga Alloh SWT memberkati kita semua .

NB.Referensi dari Ustadz. Dr.Amir Faishol Fath

2 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *