Disposable VS Cloth Diaper

Dulu sewaktu putri kami masih dalam kandungan (lahir 15 November 2010), suami saya berdebat antara menggunakan popok kain dan popok sekali pakai. Suami saya menyukai lingkungan yang bersih, menghemat uang, dan manfaat kesehatan bagi bayi.

Saya siap untuk sepenuhnya mendukung suami saya dalam keputusannya, tapi saya tidak yakin bahwa popok kain lebih murah … terutama setelah saya melihat harga dari beberapa popok kain dari beberapa toko online dari produk lokal sampai impor, yang paling murah saja harganya Rp 75.000 per pcs, bahkan ada yang sampai Rp 200.000 per pcs. Suami saya yang excel freak akhirnya membuka netbook lalu mengumpulkan beberapa data umum tentang harga pembelian popok, biaya mencuci.

Berikut adalah screenshot dari perhitungan suami saya:

Jadi, berdasarkan perhitungan suami saya, kita akan menyelamatkan lingkungan dan menghemat uang dengan meggunakan popok kain (cloth diaper).

Selama 16 bulan pertama kehidupan bayi kami, saya hanya membeli 15 Pcs popok kain, Merk Zigie Zag dan Babyland. karena benar terbukti menghemat uang, akhirnya saya sampaikan sama semua teman-teman (termasuk pembantu di rumah kami) untuk menggunakan popok kain.

Hasilnya, setelah berdebat juga, beberapa teman memesan popok kain. sampai saat ini sudah hampir 500 pcs saya menjual popok kain.

Berikut ini adalah saya menjual popok kain Toko IBUTINA.com

Silahkan download file hitungan dalam format excel DISINI

 

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *